Mitsubishi Raih Peringkat Tertinggi Dalam Hal Layanan kepada Konsumen
Menurut hasil studi J.D Power, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meraih peringkat tertinggi untuk Customer Satisfaction Index (CSI) 2019. Hal ini berarti konsumen Indonesia memiliki tingkat kepuasan tertinggi terhadap layanan Mitsubishi. Ini adalah penghargaan yang kedua secara berturut-turut diraih oleh Mitsubishi setelah di tahun sebelumnya juga mendapat poin tertinggi untuk CSI.
Dari hasil riset J.D Power tersebut, Mitsubishi meraih skor tertinggi 819 poin di antara brand otomotif lainnya. Hasil ini didapat dari responden sebanyak 2.786 konsumen Mitsubishi yang melakukan pembelian kendaraan dari Februari 2018 hingga Juni 2019.
“Kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting bagi kami. Sedangkan bagi konsumen, produk dan kualitas servis merupakan yang utama. Kami berusaha menghadirkan produk yang lebih dari sekedar alat transportasi namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup, yang ditunjang dengan layanan purnajual yang andal,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI di Jakarta.
Regional Director J.D Power, Shantamu Majumdar mengatakan ada lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan ketika melakukan perbaikan kendaraan di dealer.
Pertama kualitas service (24%), inisiasi service (20%), pengambilan kendaraan yang telah diservice (19%), service advisor (19%), dan fasilitas service (18%). Kepuasan pelanggan ini diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.
“Kami berhasil meraih 2 kali peringkat pertama dari CSI ini secara berturut-turut, di mana yang tahun lalu itu pertama kalinya saya bergabung dengan tim after sales MMKSI. Tahun ini menjadi tantangan buat MMKSI karena secara sejarah setelah dua kali meraih peringkat pertama biasanya kami di tahun berikutnya mengalami penurunan. Itu sebabnya kami bertekad untuk bisa menciptakan hattrick di tahun depan,” ujar Eiichiro Hamazaki selaku Director of After Sales Division PT MMKSI.
Salah satu upaya MMKSI adalah dengan meningkatkan fasilitas pelatihan mekanik serta meningkatkan sistem manajemen dealer. Hal ini dilakukan untuk lebih memahami konsumen dan memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen setia Mitsubishi.
Mitsubishi Motors sendiri di Indonesia sudah berhasil meraih peringkat terbaik untuk CSI ini sebanyak 5 kali sejak 2011 lalu.