Mitsubishi Ralliart Uji Coba Ketahanan Triton untuk Ajang Asia Cross Country Rally 2022
Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan mengikuti ajang balap Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 bersama dengan tim Mitsubishi Ralliart menggunakan model Mitsubishi Triton. Dukungan penuh dari Mitsubishi Motors ini dengan melakukan rangkaian uji coba ketahanan untuk Triton di jalan raya dan off-road di Thailand pada 27-29 juni 2022.
Tes ketahanan ini dilakukan pada mobil Triton yang dipersiapkan untuk balap AXCR dengan beban dan kapasitas tinggi, serupa dengan yang diperkirakan dalam reli dan berfokus terutama pada keandalan dan daya tahan sasis dan mesin.
Untuk menguji performa mobil reli di lingkungan yang mirip dengan lintasan sebenarnya, tim menggunakan lintasan 10 kilometer yang menggabungkan rentang kecepatan tinggi, jalan berkerikil kasar, dan lintasan hutan sempit yang berkelok-kelok.
“Karena Triton memiliki rangka sasis yang kuat dan performa handling yang sangat baik, kami memutuskan untuk mengurangi bobot kendaraan secara minimal untuk modifikasi reli sambil memanfaatkan kekuatan aslinya sebanyak mungkin,” ungkap Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart.
AXCR adalah reli lintas alam yang sangat berat, dengan rute sepanjang 2.000 kilometer melalui medan alam yang unik di Asia Tenggara. AXCR biasanya diadakan pada bulan Agustus setiap tahunnya, namun balapan dibatalkan pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.
Tahun ini, tanggal reli diundur menjadi 21 - 26 November 2022, dengan rute yang akan dimulai di Buriram, sebelah timur laut Thailand sebelum menyeberang ke Kamboja, dan berakhir di situs Warisan Dunia Angkor Wat.
“Setelah menempuh lebih dari 800 kilometer dalam dua hari, mobil reli menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang tes ketahanan yang berat sesuai yang kami harapkan, dan sekarang kami yakin bahwa persiapan kami berada di jalur yang tepat,” Masuoka menambahkan.
Tentang Mobil Reli Triton Ralliart
Mobil reli Triton yang akan digunakan pada ajang balap AXCR 2022 ini diklasifikasikan sebagai mobil reli Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang digolongkan pada Group T1 (prototipe kendaraan lintas alam). Berdasarkan spesifikasi model kabin ganda Thailand, kap mobil, pintu depan dan belakang, interior dan bagian lainnya telah dibuat menjadi ringan, sedangkan bodi mobil telah diperkuat dengan roll cage dan underguard.
Suspensi mobil Triton yang dikhususkan untuk reli ini memberikan karakteristik handling yang luar biasa, sedangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang, ban off-road berdiameter besar, dan velg ringan, secara dramatis meningkatkan handling di permukaan jalan yang kasar.
Penyetelan mesin diesel turbo 2,4 L difokuskan untuk mereduksi friction loss dan bobot, serta meningkatkan respons pada rentang kecepatan sedang yang sering digunakan dalam reli. Beberapa tahapan AXCR akan meliputi aksi menyeberangi sungai, sehingga modifikasi kedap air juga telah ditambahkan, seperti penyegelan yang lebih kuat dan snorkel saluran masuk udara.
Tentang Reli AXCR
Ajang balap AXCR ke-27 tahun 2022 akan dimulai pada 21 November dengan seremonial dimulai di Buriram, di timur laut Thailand dekat perbatasan Kamboja. Kompetisi dimulai pada hari berikutnya pada tanggal 22, dengan paruh pertama reli berpusat di Buriram.
Jalur ini kemudian akan melintasi perbatasan ke Kamboja pada tanggal 25 November dan berakhir pada tanggal 26 November di Siem Reap, rumah dari situs Warisan Dunia Angkor Wat. Total jarak yang ditempuh sekitar 1.700 kilometer, jalur tahun ini diperkirakan akan melelahkan seperti sebelumnya, dengan berbagai medan seperti pegunungan, hutan, jalan berlumpur, penyeberangan sungai, bukit pasir dan sirkuit yang akan menuntut penanganan kendaraan dan daya tahan pada tingkat yang tinggi.
Keterampilan pembalap dan tim sama-sama akan diuji oleh medan yang kompleks dan kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi yang akan dihadirkan oleh alam liar dari rute tersebut.
Spesifikasi Mitsubishi Triton Ralliart
Overall length | 5.300 mm |
Overall width | 1.815 mm |
Wheelbase | 3.000 mm |
Tread (front/rear) | 1.520 mm / 1.515 mm |
Engine | 4N15 type 4-cylinder MIVEC turbo diesel |
Fuel injector | High-pressure common-rail injection |
Displacement | 2.442 cc |
Power (maximum) | 133 kW |
Torque (maximum) | 430 N m |
Transmission | 6-speed manual |
4WD system | Super Select 4WD-II |
Differential | CUSCO front and rear LSD |
Front suspension | Independent double-wishbone with coil springs |
Rear suspension | Rigid leaf spring |
Shock absorbers | CUSCO fully-adjustable front and rear dampers |
Steering | Rack and pinion with power assist |
Brakes | ENDLESS front and rear ventilated discs with 4-piston calipers |
Wheels | WORK aluminum alloy wheels (17-inch x 8J) |
Tires | Yokohama GEOLANDAR M/T G003 (265/70R17) |
Lainnya | Carbon fiber hood Carbon fiber untuk panel pintu depan dan belakang |
Video dari sesi uji coba dapat dilihat dalam link ini: https://youtu.be/lIgH6KQDF_c