Semua Fakta Soal Ban Serep Di Mobil Mitsubishi Motors Ini Wajib Diketahui
Bukan cuma 4 buah ban utama yang wajib dirawat, keberadaan ban serep pada mobil juga wajib diperhatikan! Pada artikel ini mari kita bahas khusus semua fakta soal ban serep di mobil Mitsubishi Motors yang wajib diketahui.
- Posisi ban serep berada di bagian bawah bagasi belakang. Terdapat di balik cover bagasi (dalam kabin), atau di bawah dek bagasi (di luar).
- Ada 2 tipe ban serep pada mobil Mitsubish Motors, yaitu tipe space saver yang tipis dilengkapi velg kaleng, dan full size yang memakai velg yang sama dengan 4 roda utama.
- Posisi penempatan ban serep pada Pajero Sport terletak di bawah dek bagasi belakang (di luar kabin) dengan tool kit di dalam panel interior sisi kiri bagasi. Posisi ban serep yang sama juga terdapat pada keluarga Xpander, namun dengan posisi tool kit di panel sebelah kanan bagasi. Sementara itu penempatan ban serep pada Xforce ada di dalam kabin tepatnya di bawah lantai bagasi, dengan tool kit berada di dalam panel sebelah kanan bagasi.
- Tekanan angin ban serep wajib dicek secara periodik untuk memastikan tidak kempes saat dipakai. Untuk tipe space saver tekanan yang disarankan adalah 60 PSI, sementara ban serep tipe full size disamakan tekanan anginnya dengan ban utama.
- Untuk tipe space saver bisa digunakan hingga kecepatan maksimal 60-80 km/jam. Sementara tak ada batasan kecepatan penggunaan tipe ban serep full size.
- Agar tapak ban habisnya merata, sebaiknya ban serep tipe full size ikut dirotasi dengan ban utama secara periodik setiap menempuh jarak 10 ribu kilometer.
- Sebagai penanda untuk segera dilakukan perbaikan, saat menggunakan ban serep tipe full size, saat penyimpanan ban serep beri penanda dengan merenggangkan cover penutup bagasi atau balik tutupnya.
- Setelah mengganti ban serep, sebaiknya periksa kembali kekencangan mur roda setelah menempuh jarak 100-200 km.
BACA JUGA