Pentingnya Aspek Keselamatan di Mobil Mitsubishi, Apa Saja Implementasinya?
Bagi pabrikan mobil seperti Mitsubishi Motors aspek keselamatan menjadi satu misi dalam menciptakan model baru. Selain aspek keselamatan Mitsubishi Motors juga sangat memperhatikan pentingnya keamanan dan kenyamanan konsumennya. Itu sebabnya Mitsubishi Motors selalu mengembangkan kendaraan dengan teknologi yang menjaga pengemudi dan penumpang dalam setiap petualangannya bersama mobil Mitsubishi mereka.
Mitsubishi Motors berkomitmen untuk mengembangkan teknologi dalam setiap kendaraan agar Anda dapat kembali ke rumah dengan aman dari setiap kegiatan. Kendaraan Mitsubishi juga sudah melalui rangkaian pengujian di berbagai kondisi berat sehingga pemilik kendaraan dapat mencapai tujuan mereka dengan aman, bahkan di situasi yang tidak terduga sekalipun.
Dari misi yang mengedepankan aspek keselamatan ini, hadirlah produk-produk Mitsubishi Motors yang memiliki fitur-fitur canggih yang dapat menjaga pengemudi dan penumpang di dalam mobil.
Faktor keselamatan di semua sisi
Fitur keselamatan menjadi syarat utama dari produk Mitsubishi Motors di seluruh dunia, tidak hanya di mobil-mobil premium saja tapi tersedia juga untuk mobil small MPV seperti Mitsubishi Xpander dan juga Xpander Cross.
Faktor keselamatan ini tentunya meliputi fitur keselamatan pasif dan aktif. Untuk fitur keselamatan pasif sendiri semua kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia sudah dibekali dengan sabuk pengaman bahkan sampai ke jok baris ketiga. Kemudian sudah minimal dua buah kantung udara (airbag) di bagian depan seperti pada Xpander dan Xpander Cross. Kemudian untuk model Pajero Sport tipe Dakar dan Dakar Ultimate, Triton Ultimate serta Outlander PHEV sudah tersedia 7 buah airbag.
Selain itu, Mitsubishi Motors juga membekali struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada mobil Mitsubishi seperti di Xpander, Pajero Sport, dan lainnya. Ini adalah teknologi rangka body yang dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat.
RISE ini merupakan kesatuan antara body dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah (depan, belakang, samping). untuk meminimalisir kerusakan dan menjagab penumpang dalam kabin tetap aman. Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar.
Selain itu, ada juga fitur Pedestrian Protection hampir di semua model Mitsubishi yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.
Fitur ini mampu menekan dampak kecelakaan terhadap pejalan kaki melalui built impact-absorbing di material kap mesin dan bumper depan. Dalam kasus ketika terjadi tabrakan, cidera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat dan terbuat dari bahan non-logam.
Fitur keselamatan aktif
Tidak hanya sabuk keselamatan dan kantung udara saja yang menjadi fitur wajib, tapi juga fitur-fitur keselamatan lain, yang dapat menghindari terjadinya risiko fatal ketika terjadi kecelakaan atau bahkan mencegah agar Anda terhindar dari kecelakaan itu sendiri.
Misalnya ketika berkendara di guyuran hujan yang membuat kondisi jalan menjadi licin. Tentu faktor kualitas ban mobil menjadi penting, tapi jika ditunjang dengan fitur keselamatan aktif maka dapat membuat perjalanan Anda lebih aman.
Fitur pada mobil Mitsubishi seperti antilock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD), traction control (TC), active stability control (ASC), dan hill start assist control (HSA) akan bekerja secara maksimal yang diatur melalui komputerisasi pada ECU mobil.
Pertama dari fitur ABS, EBD, dan BA yang tersedia di Xpander, Xpander Cross, Triton, Pajero Sport dan juga Outlander PHEV. Fitur ini bekerja saling bahu membahu sehingga rem tidak mengunci ketika harus melakukan pengereman keras atau saat melintasi lintasan licin. Fitur ABS ini sudah langsung aktif sejak pertama kali mesin mobil dihidupkan. Jadi ketika terjadi pengereman mendadak, pengemudi masih bisa menghindar dengan memutar lingkar kemudi ke kanan atau ke kiri.
Fitur berikutnya yang dapat menghindarkan pengemudi dari mobil melintir ketika berada di jalan licin adalah ASC yang tersedia di Xpander tipe Exceed, Sport dan Ultimate, Xpander Cross, Pajero Sport, Triton dan juga Outlander PHEV. Fitur ini akan secara otomatis bekerja mengontrol laju mobil saat bermanuver di jalanan licin sehingga tidak mudah tergelincir. Fitur ini akan otomatis menyala saat mobil dihidupkan dan bekerja berdasarkan perintah dari komputer atau ECU mobil.
Ketika ECU mendeteksi mobil akan terjadi understeer atau oversteer, maka secara otomatis ECU akan mengurangi laju mobil meski pedal gas masih diinjak oleh pengemudi. Sehingga mobil akan lebih bisa dikontrol dan tetap berada di jalurnya. Fitur ASC ini sebenarnya bisa dinonaktifkan oleh pengemudi melalui tombol yang ada di samping kanan setir, ada tanda peringatan yang muncul di layar MID ketika fitur ASC dimatikan. Tapi ketika mobil mati dan dinyalakan lagi maka otomatis fiturnya akan kembali aktif.
Fitur lain yang dapat membantu pengemudi adalah HSA yang sudah tersedia di model Xpander tipe Exceed, Sport dan Ultimate, Xpander Cross, Pajero Sport, Triton Ultimate dan juga Outlander PHEV. Fitur ini akan mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalanan menanjak sehingga mobil tidak bergerak mundur. Fitur ini juga aktif seketika jika mobil berada di posisi tanjakan dan berhenti, lalu saat mobil kembali melaju HSA akan menahan mobil agar tidak mundur ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.
Kemudian ada juga fitur seperti Emergency Stop Signal (ESS) yang berguna saat Anda berhenti mendadak di kecepatan tinggi. Fitur ini tersedia pada Xpander tipe Ultimate, Xpander Cross, Pajero Sport tipe Dakar dan Ultimate, Outlander PHEV serta Triton Ultimate.
Fitur ini akan memberi tanda pada kendaraan lain baik di depan, belakang maupun samping, yaitu semua lampu hazard akan menyala berkedip-kedip jika pengemudi mengerem secara mendadak. Sehingga pengemudi kendaraan lain bisa lebih waspada. Fitur ini hanya aktif saat terjadi pengereman mendadak dan tidak akan berfungsi jika pengemudi hanya melakukan aktivitas pengereman biasa.
Masih banyak fitur-fitur lain di mobil Mitsubishi yang tentunya memang dihadirkan untuk membuat pengendaraan Anda lebih aman dan nyaman. Misalnya Hill Descent Control, Trailer Stability Assist, Ultrasonic Missacceleration Mitigation System (Sensor Stop Otomatis), Forward Collision Mitigation System (Sensor Pengereman Otomatis), Blind Spot Monitoring Warning (memberi peringatan kepada pengemudi bahwa ada objek lain di area tak terlihat/blind spot, Rear View Camera dengan Multi Around View Monitor.
Semua fitur-fitur ini tersedia di model Pajero Sport Dakar Ultimate, Triton Ultimate dan juga Outlander PHEV yang tentunya dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan semua konsumen Mitsubishi di Indonesia.